Mendikbud Kunjungi “Kawah Kepemimpinan” SMP DIY-Jateng

Mendikbud Kunjungi “Kawah Kepemimpinan” SMP DIY-Jateng

Sleman,seputarmetro.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Muhajir Effendi mengunjungi kegiatan Kawah Kepemimpinan siswa SMP DIY-Jateng di kawasan Kaliurang Selasa (23/10/2018) malam. Bersama 600-an siswa dari berbagai sekolah, Mendikbud sempat menyanyikan sebuah lagu dangdut “Kereta Malam” sebelum menyalami hampir satu per satu siswa yang hadir dan pamit undur diri. Kepada wartawan sesaat sebelum meninggalkan lokasi di Griya Persada Kaliurang, Mendikbud mengatakan bahwa kegiatan Kawah Kepemimpinan yang dilakukan bagi siswa SMP se-DIY Jateng adalah hal yang sangat positif. Menurut dia, negara memiliki kewajiban untuk mempersiapkan regenerasi pemimpin bangsa yang dipupuk sedini mungkin.

“Peserta kali ini adalah anggota OSIS dan Pramuka di tingkat SMP, dan mereka inilah calon pemimpin bangsa kedepan yang punya bakat sehingga harus terus dibina. Kalau kita punya semakin banyak calon pemimpin bangsa kan bagus berarti, semakin banyak semakin bagus,” ungkap Mendikbud.

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad menambahkan paling tidak ada 600-an peserta yang turut dalam agenda dua hari tersebut. Berbagai ilmu pengetahuan termasuk pemberian materi dari Badan Narkotika Nasional juga Kemenkominfo terkait menangkal hoax diberikan sebagai bekal berelasi dengan rekan di kemudian hari.

“Yang dibahas dalam agenda ini adalah isu-isu terkini, misalnya dari BNN tentang bahaya narkotika kemudian menangkal hoax juga karena saat ini semua anak punya sosial media yang mana berita datang belum tentu benar. Ki ajak mereka cerdas memilih dan memilah untuk nantinya ditularkan pada rekan-rekannya, apalagi mereka kan OSIS, Pramuka juga. Harapannya hal positif dari kegiatan ini dimasifkan oleh mereka,” tandasnya.

Dalam agenda malam tadi, para siswa diajak untuk menampilkan kebolehan dalam berbagai bidang seni sebelum masuk ke ruang untuk membahas permasalahan terkini. Mereka juga menjalani kegiatan outbond motivasi sebagai modal bersosialisasi dalam tim sekaligus memupuk semangat kerjasama.(dri)

Sebelumnya Api Dari Mesin Produksi, Pabrik Breket Arang Terbakar
Selanjutnya Terobos Palang Pintu, Buruh Pabrik Tewas